Maryam me

ROTI MARYAM ' MARYAM ME' 
26 Juni 2018


Roti Maryam di Indonesia lebih dikenal dibawa oleh para pedagang Arab, awalnya roti maryam hanya dijumpai dikampung-kampung Arab atau dirumah-rumah makan khas Timur Tengah. Hingga kini pun masih banyak ditemui Hadharim (keturunan Hadramaut) yang mengkonsumsinya sebagai makanan keseharian mereka. Atas dasar inilah salah satunya, Roti Maryam yang kami buat diberi nama “Roti Maryam Hadramaut”.

Roti Maryam, Roti Canai, dan Roti Prata sekilas memang mirip. Konon dan juga seketurunan dengan roti Paratha dari India Utara atau bahkan Kerala Porotta dari India Selatan. Bahan dasarnya itu kurang lebih sama, yakni tepung terigu, air, telur dan mentega/lemak/gee. Bentuk dari ketiganya kalau dilihat juga sama, yakni rata atau ceper dan rasanya gurih karena ada lemaknya. Di India adalah sendiri roti jenis ini menjadi makanan rakyat sehari-hari, dan seolah lekat dengan tradisi mereka. Dan itu biasanya menjadi sarapan atau juga sebagai camilan larut malam. Paratha itu masih sekeluarga dengan nan dan dosa/ thosai.


Dengan banyaknya minat masyarakat akan roti maryam menjadi peluang untuk membuka bisnis kecil yang hanya membutuhkan modal sedikit serta memperoleh keuntungan yang cukup dan dapat mempromosikan maupun menjual di berbagai sosial media.



Komentar